Thursday, January 29, 2009

Vegetables Tom Yum Soup

Tema Masak Bareng Yuuk bulan Januari ini adalah TomYum Goong dari Thailand, ini dia persembahan dari Maneki Kitchen....................




Mau yang anget-anget, enak, murah, cocok buat yang lagi diet? Hari ini Maneki Kitchen bikin Tom Yum Soup, nah biasanya pake udang, fille ikan, cumi dan jenis seafood yang lain, kali ini mau yang lain eh...gak juga kok padahal siy menyesuaikan aja bahan yang ada di kulkas. Biasanya kan ibu-ibu di Indonesia kalo ke pasar suka beli sayur sop, sayur asem, sayur lodeh, dsb nah yang jual dah tau dong merakit sayur2an tsb isinya apa aja. Ceritanya di kulkas Maneki adanya bahan sayur sop rakitan(ini kalimat salah kaprah ya, sop ya sayur, sayur kok sop).

Vegetables Tom Yum Soup ala Maneki

Bahan:
Sayur sop rakitan Rp 2000(kalo di Purwokerto masih dapat banyak niy....) terdiri dari wortel, kapri, kembang kol, kobis,sawi, daun bawang,daun seledri(option: daun ketumbar), kentang, kacang merah.
1 liter kaldu ikan
3 batang sereh ambil bagian putihnya saja
4 lembar daun jeruk

2 sdm air jeruk lemon

3 buah tomat besar dibelah
4
cabe rawit merah utuh secukupnya
2 sdm fish sauce
2 sdm tomat pasta

1 sdm saus sambal


bumbu:
2 biji cabe merah dihaluskan

2 siung bawang putih dihaluskan

3 siung bawang merah dihaluskan

garam dan gula pasir secukupnya

Cara:
tumis bumbu sebentar masukkan kaldu ikan,masukkan sereh, daun jeruk, air jeruk lemon, fish sauce setelah mendidih masukkan sayur-sayuran dari yang paling keras dulu, masukkan tomat, cabe rawit utuh, saus sambal dan tomat pasta. Terakhir taburi dengan daun ketumbar/seledri.

Catatan: tom yum soup biasanya berasa sekali di aroma sereh dan daun jeruk serta asam pedasnya, jadi bermain-mainlah di sini. Kembali ke selera masing-masing.

4 comments:

  1. Hehehe... muncul lagi tom yum-nya. Tp maaf, setting tanggalnya belum berubah kayaknya ya?? :D kalo mau ubah tanggal, bisa klik "post option" di bagian bawah kotak buat nulis posting-an. Di situ juga bisa menge-set schedule post lho mbak... :)

    ReplyDelete
  2. Mbak cicip tom yumnya ya :) punya aku jg udah tayang tuh.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal. Berarti namanya bukan tom yum goong weitss tapi jelas tetep enak pk kaldu ikan gitu lhoo

    ReplyDelete
  4. vegan tom yam... tetep syeger

    ReplyDelete

Silahkan yang mau tinggalkan pesan atau komentar, monggo lho...