Sunday, February 1, 2009

DKW NCC Alias Donat Kentang Week NCC




Event kali ini DKW NCC, ramenya discuss donat kampung di NCC milis membuatku semangat untuk ikut berpartisipasi di event kali ini. Resepnya pake resep Donat Kentang NCC plek jiplek yang ada di web www.ncc-indonesia.com tapi aku bikin setengah resep disesuaikan dengan persediaan kentang di rumah.

Ada kecelakaan dikit waktu bikin donat ini, sebenernya aku bikin pake mixer heavy dutyku tapi dicek kok gak kalis-kalis adonannya dan takut mixer makin panas jadi aku bantu dengan menguleni pake tangan, rupanya tangan kananku bermasalah, seringnya pakai tangan kanan untuk nguleni adonan akhir-akhir ini aku sering merasakan kaku di bagian telapak tangan yang untuk menggerakkan ibu jari tangan, sakit rasanya. Akhirnya nguleni dengan tangan aku stop dan diteruskan lagi nguleni dengan mixer Kenwoodku.

Untuk bentuk, aku bentuk seperti roti buns aja, mau dilobangin gak punya paralon berdiameter kecil buat bikin lobang seragam dan rapi. Trus menggorengnya pake minyak padat cukup 2 menit dan dibalik sekali saja untuk tiap donat. Dari 250 gr terigu cakra menghasilkan kurang lebih 10 biji donat dengan berat adonan tiap donat 60 gr.

Aku pake topping coklat plus trimit bulat2 kecil, soalnya di rumah penggemar coklat. Komentar suami donatnya empuk gak berasa kentang. Kalo empuk biasanya laris soalnya makan satu gak kenyang.

Nah, kalo pas bikin donat yang adonannya kurang kalis donat setelah digoreng lebih padat meski empuk tapi mengenyangkan biasanya kurang laris dan kembali lagi untuk mengakalinya ya ditopping coklat biar tetep laris, hehehe

Jadi, pastikan adonan kalis. Cirinya permukaan adonan halus mulus, kalo ditipiskan bak membran trus jika disobek, sobekannya membentuk garis lurus. Satu lagi biasanya kalo dipegang adonan kalis itu lentur. Kalo udah sering bikin adonan roti, donat, bakpao kita akan terbiasa membedakan adonan kalis dan kurang kalis. Saat menuleni, gak perlu dibanting-banting adonannya karena akan memutuskan serat adonan donat.

Penyimpanan setelah digoreng, taruh di wadah kedap tupperware, selain bikin donat tetap empuk juga semut susah masuk.

Untuk yang gak punya mixer heavy duty, kalo mau bikin donat ukuran terigu 250 gr masih cukup kuat diulenin dengan tangan, jika memungkinkan mintalah bantuan tenaga suami yang sedang fit untuk ngulenin, jadilah kompak suami istri di dapur, anak-anak ikutan juga nimbrung di dapur. Ternyata membuat donat saja mampu mengumpulkan anggota keluarga, seperti sedang piknik tapi di dapur atau seperti sedang family cooking class, ya gak?

Akhirnya selamat menikmati donat kentang uenaaak topping coklat.

Salam Donat Kentang Uempuuk!!!!

No comments:

Post a Comment

Silahkan yang mau tinggalkan pesan atau komentar, monggo lho...